Aliran Modifikasi Japanese Domestic Market

7 Trend Aliran Modifikasi Mobil yang Bisa Jadi Referensimu

5 (100%) 1 vote

Modifikasi mobil bukanlah hal asing bagi para pecinta otomotif. Seiring berkembangnya dunia otomotif, aliran modifikasi mobil juga semakin beragam. Bagi Anda yang berencana untuk memodifikasi mobil, ada baiknya untuk mengetahui berbagai aliran modifikasi yang cocok dan sesuai dengan karakteristik Anda maupun mobil Anda.

Jenis-Jenis Aliran Modifikasi Mobil Populer

Pada dasarnya, terdapat 7 aliran modifikasi yang populer di kalangan pecinta otomotif. Setiap aliran mempunyai ciri khas tersendiri yang membedakan antara aliran satu dengan aliran lainnya. Karena hal ini, penting bagi Anda untuk mengetahui jenis aliran beserta karakteristiknya agar modifikasi yang Anda lakukan tidak terkesan ikut-ikutan.

aliran modifikasi mobil japanese
aliran modifikasi mobil japanese

Dalam dunia otomotif, dikenal 7 aliran modifikasi antara lain Japanese Domestic Market (JDM), United States Domestic Market (USDM), DUB, VIP. Retro, Hellaflush, dan Racing. Setiap aliran mempunyai ciri khas yang berbeda. Simak pembahasan berikut untuk mengenal lebih lanjut masing-masing aliran modifikasi.

Aliran Modifikasi Japanese Domestic Market (JDM)

Jepang dikenal sebagai negara dengan penduduk yang kreatif dan inovatif. Termasuk juga dalam hal modifikasi mobil, Jepang menjadi kiblat banyak peminat untuk memodifikasi mobil sesuai dengan konsep yang mereka populerkan. Japanese Domestic Market merupakan aliran di mana modifikasi tidak melibatkan penggantian spare parts.

modifikasi Japanese Domestic Market
modifikasi Japanese Domestic Market
Aliran Modifikasi Japanese Domestic Market
Aliran Modifikasi Japanese Domestic Market

Dengan kata lain, mobil yang menganut aliran JDM menggunakan komponen asli Jepang pada seluruh bagian. Aliran ini berkembang cukup pesat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Salah satu alasan mengapa JDM diterima oleh banyak pecinta otomotif adalah karena modifikasi yang cukup sederhana dan mobil masih bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Aliran Modifikasi United States Domestic Market (USDM)

Aliran yang berasal dari Amerika Serikat ini mempunyai ciri khas yaitu bagian bemper yang memiliki ukuran lebih besar jika dibandingkan dengan aliran JDM. Karena ukurannya yang relatif lebih besar, USDM mampu menahan benturan. Selain itu, yang menjadi ciri lain dari modifikasi USDM adalah adanya tambahan lampu untuk memberi sinyal kepada pengendara dari arah samping.

Aliran Modifikasi USDM
Aliran Modifikasi USDM
modifikasi mobil aliran USDM
modifikasi mobil aliran USDM
Aliran Modifikasi United States Domestic Market
Aliran Modifikasi United States Domestic Market

Aliran Modifikasi DUB

Aliran modifikasi mobil yang selanjutnya adalah DUB. Di antara aliran lainnya, DUB dikenal sebagai aliran yang paling mengutamakan prestis. Untuk Anda yang ingin menonjolkan kemewahan dari kendaraan, aliran modifikasi ini menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, velg berukuran 20-26 dengan lapisan krom juga menjadi ciri khas DUB.

Terkait pemilihan warna, aliran DUB mempunyai ciri khas warna terang, terkadang juga warna hitam dan putih yang identik dengan kemewahan. Penggunaan airbrush juga seringkali dilakukan pada proses modifikasi DUB. Interior berkelas dengan lapisan kulit asli juga semakin membuat aliran DUB menjadi pilihan modifikasi bagi Anda yang ingin mengusung kesan mewah.

Aliran Modifikasi VIP

Modifikasi VIP tidak menimbulkan perubahan signifikan pada kendaraan Anda, baik eksterior maupun interior. Dengan bodi kit sederhana serta velg berukuran di atas 19 inci, modifikasi ini layak dipertimbangkan jika Anda tidak ingin merubah kendaraan secara ekstrim. Dari segi interior, aliran modifikasi VIP mengadopsi kesan rapi, bersih, dan elegan.

Terkait pemilihan warna, beberapa warna netral seperti putih, hitam, dan cokelat menjadi opsi yang banyak dipilih oleh peminat aliran VIP. Dari segi hiburan, kehadiran Sound Quality menjadi hal yang wajib untuk modifikasi VIP.

Aliran Modifikasi Retro

Sesuai dengan namanya, aliran modifikasi ini akan mengembalikan kondisi mobil seperti pada masa awal produksi. Meskipun membuat perubahan, keaslian komponen tetap menjadi prioritas utama. Meskipun terdengar sederhana, proses modifikasi dengan aliran retro cukup menguras biaya terutama karena sulitnya komponen asli di pasaran.

Karena mengusung konsep retro, beberapa warna yang sering digunakan antara lain putih, cokelat, merah tua, dan biru. Aliran ini tidak melibatkan perubahan pada bagian interior. Hal ini membuat interior mobil terlihat seperti asli dari pabrikan. Inilah yang menjadi tujuan modifikasi dengan aliran retro.

Aliran Modifikasi Hellaflush

Aliran modifikasi yang satu ini berfokus pada kaki-kaki mobil. Anda mungkin tidak menemui perubahan yang berarti pada bagian eksterior atau interior. Namun ketika Anda melihat bagian velg, kesan garang langsung bisa Anda rasakan. Modifikasi ini melibatkan velg lebar dengan offset dengan kesan killer. Mobil yang dimodifikasi dengan aliran Hellaflush terlihat lebih ceper dibandingkan dengan aliran lain.

Aliran Modifikasi Racing

Anda mungkin bisa menebak jenis aliran yang satu ini. Sesuai dengan namanya, mobil diubah menyerupai mobil balap terutama pada bagian eksterior. Meskipun demikian, mobil tetap dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari. Bemper menjadi bagian yang mendapatkan modifikasi paling banyak dengan penambahan wing pada area belakang.

Penggunaan cat yang mencolok juga menjadi ciri khas aliran modifikasi yang satu ini. Tidak lupa dengan jok bertema racing sehingga membuat penampilan mobil terlihat sporty.

Dengan adanya berbagai aliran modifikasi pada mobil, Anda bisa memilih jenis modifikasi yang sesuai dengan tipe mobil serta karakter Anda. Setelah mengetahui ciri khas setiap aliran, kini Anda tidak akan salah lagi dalam menentukan jenis modifikasi yang tepat.  

Leave a Comment

%d bloggers like this: